Najwa Shihab Terpilih Jadi Perempuan Paling Dikagumi di Indonesia Tahun 2020

  



Najwa Shihab menjadi perempuan paling dikagumi di Indonesia tahun 2020. / Instagram/@najwashihab

PORTAL JEMBER – Presenter Najwa Shihab selama ini dikenal sebagai figur yang kritis dan berani. Perempuan kelahiran 16 September 1977 ini kerap melontarkan argumen dan pertanyaan yang sangat kritis kepada para pejabat yang ia ajak berbincang.


Baru-baru ini, Najwa menghebohkan publik dengan aksi wawancara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang diwakili kursi kosong.


Aksinya ini dinilai tak biasa dan mengundang pujian. Namun di sisi lain, wawancara kursi kosong yang dilakukan Najwa justru mengundang kontroversi.


Najwa sempat dilaporkan ke polisi akibat aksi tersebut. Meski demikian, dukungan untuk putri kedua Quraish Shihab seolah tak pernah surut.


Sutradara ternama, Joko Anwar, pun sempat mengunggah foto Najwa Shihab di media sosial Twitter sembari menyematkan pujian.


Joko Anwar mengatakan, tentu sulit ketika seseorang diandalkan banyak pihak sebagai wakil dari suara mereka, seperti Najwa Shihab.


“Sulit ketika banyak orang mengandalkan Anda untuk menjadi suara mereka. Untuk mengajukan pertanyaan, untuk mengartikulasikan apa yang ada dalam pikiran kita. Terima kasih, Najwa. Kamu adalah pahlawanku,” tulis Joko Anwar.


Melihat opini publik mengenai sosok Najwa Shihab, tak heran jika pemandu program Mata Najwa ini dinobatkan sebagai perempuan paling dikagumi di Indonesia tahun 2020.


Berdasarkan hasil survei yang dilakukan YouGov, Najwa Shihab menduduki puncak daftar tahun 2020 sebagai perempuan paling dikagumi di Indonesia dengan persentase 18,57 persen.


Najwa lebih unggul dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menempati posisi kedua dengan persentase 17,53 persen.


Kemudian, di posisi ketiga ada Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan mendapatkan presentasi sebesar 9,56 persen dan posisi keempat ada Tri Rismaharini dengan persentasi 8,01 persen.


Dalam daftar yang dirilis YouGov paa 25 September 2020 tersebut, tak hanya perempuan asal Indonesia yang dikagumi masyarakat Indonesia.


Ada pula tokoh-tokoh perempuan dari luar negeri yang juga sudah sangat populer, seperti Taylor Swift yang menempati posisi kelima, Angelina Jolie di posisi keenam, dan Oprah Winfrey di posisi ketujuh.


Untuk posisi delapan, masih dari kalangan selebriti Hollywood, yakni Emma Watson. Posisi sembilan ditempati istri Barack Obama, Michelle Obama, dan posisi sepuluh ditempati Ratu Elizabeth II.***