Meski c4c4t sejak lahir, pria ini hafal Alquran hingga jadi ulama besar

  


Pernahkah kalian mendengar nama Syeikh Ammar Bugis? Ia adalah penghafal Al-Quran sekaligus ulama di Jeddah.



Namun, ada yang berbeda dari dirinya dibanding ulama pada umumnya. Ia adalah seorang penyandang disabilitas. Syeikh Ammar Bugis mengalami cacat secara fisik sejak lahir. Ia sendiri dikenal di Indonesia setelah kisahnya diungkap oleh Ustaz Yusuf Mansyur.




Perjuangan hidup Syeikh Ammar Bugis diceritakan oleh Uzatz Yusuf masur lewat akun Facebooknya. Akhirnya menjadi viral di Indonesia.




Syeikh Ammar Bugis sebenarnya lahir di Amerika Serikat pada 22 Oktober 1986. Sejak lahir, ia lumpuh total dengan kepala yang nggak bisa ditengokkan ke kanan dan ke kiri. Kemudian, lidahhnya juga keluar sejak lahir. Tapi, siapa sangka, ternyata Syeikh Ammar Bugis punya kelebihan yang istimewa.




Ammar merupakan cucu ulama Makassar, Abdul Muthalib Bugis. Kakeknya hijrah dari Sulawesi ke Mekah buat mengajar tafsir di Masjidil Haram.




Sejak usia 13 tahun, Syeikh Ammar Bugis udah hafal Al-Quran. Hanya butuh waktu dua tahun untuk mendalaminya.




Menurut Ustaz Yusuf Mansur, Ammar nggak pernah patah semangat dalam belajar. Bahkan, ia mengajar sebagai dosen di Universitas Dubai.




Lalu, Ustaz Yusuf Masyur pun mengatakan kalo Syeikh Ammar Bugis adalah cerminan agar manusia terus bersyukur dan lebih banyak belajar serta beribadah. Ammar benar-benar menginspirasi kita semua dengan keterbatasan dan cara pandangnya yang hebat.




Selain itu, Ustaz Yusuf mengingatkan bahwa banyak banget kaum muslimin yang punya fisik sempurna tapi masih meragukan kemampuan dirinya sendiri. Terutama, nggak yakin dengan jaminan Allah.




Dengan fenomena Syeikh Ammar Bugis tersebut, kita manusia selayaknya bersyukur dengan keadaan dan kemampuan yang dimiliki. Gimana menurut kalian gengs?