Cerita Marc Klok Ikut Puasa Bersama Pemain Timnas U-23

 


ZFNJakarta - Sikap toleransi diperlihatkan oleh Marc Klok saat mengikuti latihan bersama Timnas U-23 Indonesia di tengah Ramadan atau bulan puasa. Pemain Persib Bandung itu memutuskan tidak minum saat mengikuti sesi latihan. 

Skuad Timnas U-23 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Para pemain berlatih sore hari selama Ramadan ini. Latihan di mulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai menjelang buka puasa. Setidaknya ada 18 pemain yang mengikuti pemusatan latihan di Jakarta.

"Ya, saya ikut puasa. Karena saya pikir kalau saya minum itu tidak baik untuk tim dan saya lakukan itu demi tim. Jadi saya puasa juga," kata Klok di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, sudah meminta Marc Klok dan Braif Fatari untuk minum. Namun, keduanya menolak. "Mereka ikut puasa," ujar Bima Sakti.

Dari sejumlah pemain Timnas U-23, Marc Klok dan Braif Fatari merupakan pemain yang tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan karena bukan pemeluk Islam.

Lebih lanjut, pemusatan latihan skuad Timnas U-23 dilakukan sebagai persiapan menjelang SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Skuad Garuda Muda ini akan menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan pada Jumat 15 April ini.

Mereka akan berada di Korea sampai 28 April. Timnas U-23 dijadwalkan akan menjalani tiga kali uji coba di sana.

Bagi Marc Klok, ajang SEA Games akan menjadi debut bersama Timnas Indonesia. Ia sebenarnya sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 13 November 2020. Namun, pemain berusia 28 tahun tersebut tidak bisa membela Indonesia karena ada permasalahan administrasi.

Saat itu, Klok belum lima tahun berada di Indonesia. "Bangga sekali, mimpi saya terwujud. Akhirnya setelah lima tahun tinggal di sini saya bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Saya ingin mencetak banyak prestasi bersama timnas," ujar Marc Klok.